FP3K Gelar Bedah Buku Djamin Ginting Pahlawan Nasional di Tanah Karo

Bedah Buku Djamin Ginting

topmetro.news – Forum Pemuda Peduli Pendidikan Karo (FP3K) menggelar acara ‘Bedah Buku Djamin Ginting Pahlawan Nasional Tanah Karo’. Acara berlangsung dengan mengambil tempat Samudera Kabanjahe, Senin (09/11/20).

Kegiatan terlaksana dalam rangka menyambut Hari Pahlawan Indonesia 10 November 2020. “Kegiatan bedah buku Djamin Ginting Pahlawan Nasional Tanah Karo dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan rasa patriotisme di kalangan generasi muda Karo,” ujar Ketua Panitia kegiatan Dandi Sembiring kepada wartawan, Selasa (10/11/2020) di Kabanjahe.

Sementara, Atmaja Sembiring SPd selaku Ketua FP3K menyatakan, kegiatan bedah buku itu salah satu program dalam meningkatkan enam literasi dasar pada Kabupaten Karo. Khususnya literasi budaya dan kewarganegaraan.

Atmaja juga berharap agar para generasi muda Karo lebih menghargai jasa jasa para pahlawan. Khususnya pahlawan yang berasal dari Tanah Karo.

Sementara itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH melalui staf ahli Bupati Karo Mulia Barus menyebutkan, sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan bedah buku tersebut untuk meningkatkan nilai-nilai kepahlawanan khususnya masyarakat Karo.

Ia menambahkan pentingnya literasi, terutama dalam era 4.0 ini, untuk meningkatkan minat baca pada wilayah Kabupaten Karo. Tentu dalam hal ini Pemkab Karo tetap bersinergi dengan FP3K, terutama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, agar meminjamkan 130 buku untuk ditempatkan di Sapo Literasi.

Pesan Putri Djamin Ginting

Sedangkan, perwakilan Yayasan Djamin Ginting Roma Br Sebayang menyampaikan pesan dari Riahna Djamin Ginting (putri Djamin Ginting-red). Riahna mengucapkan banyak terima kasih kepada narasumber/penulis buku. Juga kepada FP3K selaku penyelenggara kegiatan Bedah Buku Djamin Ginting Pahlawan Nasional dari Tanah Karo.

Sementara Kadispora Karo Robert Peranginangin MSi selaku penulis buku menegaskan, bahwa dalam perjalanannya, semua tahu Djamin Ginting merupakan sosok yang sangat berjasa terhadap Negara Republik Indonesia.

“Dalam bedah buku ini diuraikan dari awal biografi Djamin Gintings. Bagaimana perjuangan sosok Djamin Ginting yang loyal terhadap NKRI, hingga menjadi Pahlawan Nasional,” pungkasnya.

Hadir dalam acara bedah buku, Kadis Pendidikan DR Eddi Surianta Surbakti, Kadispora Karo Robert Peranginangin, Plt Kearsipan dan Perpustakaan, Reh Jorena Br Purba, para siswa SMA, mahasiswa, guru dan masyarakat umum.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Related posts

Leave a Comment